Cara Ngopi Sehat Dengan Campuran Rempah

Sejak dulu Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Sampai-sampai negara-negara penjajah betah sekali menjajah di Indonesia untuk mengambil kekayaan rempah-rempah ini. Sebagai negara yang dilewati garis katulistiwa, Indonesia memang sangat ideal untuk berbagai tanaman termasuk rempah-rempah tumbuh subur.

Rempah-rempah ini terkenal banyak khasiatnya. Bisa untuk menjaga kesehatan, menyembuhkan penyakit, menambah cita rasa makanan dan lain sebagianya. Rempah-rempah ini juga tergolong superfood yang mana mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh dan juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Nah, bagaimana kalau dikonsumsi dengan cara dicampur dengan kopi? Tentu saja bisa. Mengapa tidak?

Justeru mencampurkan rempah-rempah ke dalam kopi mampu mengeluarkan potensi khasiat pada kopi secara luar biasa. Kopi yang memang mengandung kafein dan beragam kandungan baik lainnya mampu mengurangi risiko penyakit jantung, alzeimer, kanker diabetes dan banyak lagi. Pun mampu membantu otak lebih fokus dan memberi energi baik untuk tubuh.

Mencampurkan rempah pada kopi menambah khasiat yang berkali lipat. Seperti kopi jahe yang menggunakan jahe diketahui mencengah peradangan, mengurangi kembung, mengatasi masalah pencernaan, Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit.

Itu masih jahe saja. Rempah lain seperti kunyit yang kemudian popular dengan menu kopinya Turmeric Latte, memiliki manfaat menekan penyakit jantung dan diabetes, antiinflamasi, mencegah kanker dan masih banyak lagi. Kopi rempah ini sudah dikonsumsi dari turun temurun oleh masyarakat Arab, beberapa negara di Benua Afrika bahkan di Indonesia. Umumnya rempah yang digunakan beragam mulai dari kayu manis, cengkeh, kapulaga, bunga lawang dan masih banyak lagi.

Campurkan kopi kamu dengan rempah-rempah yang kamu butuhkan. Misalnya untuk menghangatkan badan kamu bisa tambahkan jahe, untuk menambah nafsu makan bisa temulawak dan seterusnya. Kalau kamu pernah ke kedai kopi yang menawarkan campuran tradisional dengan rempah-rempah pasti kamu tidak akan heran dengan rasanya. Beberapa orang mungkin tidak suka karena rasanya seperti jamu. Namun tidak sedikit pula yang sangat menyukainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *