Cara Menyimpan Bubuk Kopi Kamu Dengan Benar

Semakin fresh kopi yang kamu sedu, semakin nikmat citarasanya. Paling disarankan sih kalau kamu menyimpan kopi dalam bentuk biji. Namun kalau kamu terpaksa harus menyimpan kopi yang sudah dihaluskan atau bubuk kopi, hal itu tidak masalah selama kamu menyimpanya dengan benar.

Pertama adalah suhu. Idealnya, suhu yang tepat untuk menjaga aroma kopi adalah suhu ruangan. Yah, kamu bisa kira-kira sendiri gimana idealnya suhu ruangan yang nyaman buat kamu. Yah, sekitar 20 derajat Celsius. Boleh kurang boleh lebih, asalkan kamu merasa nyaman-nyaman aja tinggal di ruangan itu, dapat disimpulkan kopi kamu juga akan “nyaman” tinggal di situ.

Tempat juga sangat mempengaruhi. Misalnya saja kamu menyimpan bubuk kopi kamu satu ruangan tertutup dengan makanan lain yang berbau menyengat. Sudah pasti aroma kopi kamu juga akan terpengaruh.

Oleh karena kopi yang baru disangrai itu mengeluarkan gas, sebaiknya kamu menggunakan bungkus yang bisa mengeluarkan gas tersebut namun dapat mencegah udara dari luar masuk ke dalam. Bungkus kopi yang baik seperti Otten Coffee sudah pasti menggunakan lubang untuk membuang gas tersebut.

Setelah itu pastikan kamu tidak terlalu lama menyimpan bubuk kopi. Bubuk kopi memang bahan yang tidak akan basi jika disimpan dalam waktu lama. Namun bagi pecinta kopi akan dapat merasakan kurangnya cita rasa kopi yang disimpan terlalu lama. Sebaiknya kamu menyimpan bubuk kopi kamu tidak lebih daru 2 bulan. Bahkan ada yang mengatakan sebaiknya 1 bulan sudah maksimal. Ya itu tinggal gimana selera kamu. Yang pasti, untuk bisa menikmati kopi yang selalu fresh, kamu bisa membeli bubuk kopi sesuai kebutuhan saja. Misalnya untuk keperluan pribadi cukup beli yang kemasan kecil saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *