Beberapa Alternatif Mengatasi Kandungan Asam Pada Kopi


Kondisi orang berbeda-beda, ada yang tahan terhadap asam dan ada yang tidak. Umumnya mereka yang memiliki masalah dengan lambung, misalnya penderita sakit mag, tidak tahan terhadap makanan atau minuman yang mengandung asam. Termasuk dalam hal ini adalah kopi.

Seperti yang kita tahu bahwa kopi selain mengandung kafein juga mengandung asam. Hal inilah yang kemudian membuat mereka yang memiliki masalah lambung menghindari meminum kopi. Padahal tidak sedikit para penderita mag atau asam lambung yang ingin menikmati kopi setiap hari. Lalu bagaimana solusinya?

Kabar baiknya adalah ada beberapa cara alternatif untuk mengendalikan kandungan asam pada kopi sehingga memungkinkan untuk dikonsumsi mereka yang tidak tahan asam.

Pertama adalah dengan penambahan kalsium. Kalsium ini bisa ditemukan pada susu rendah lemak. Kalsium berfungsi seperti antasida untuk menetralkan atau menurunkan kadar asam pada kopi. Sehingga kandungan asamnya berkurang. Itulah sebabnya menambahkan susu pada kopi bisa menjadi alternatif untuk mereka yang memiliki masalah dengan lambung.

Kedua adalah dengan metode Cold Brew. Cara menyedu kopi dengan air dingin ini dinilai dapat menurunkan kadar asam pada kopi hingga 70%. Sehingga cara ini  bisa menjadi alternatif untuk kamu yang bermasalah dengan lambung namun tetap ingin menikmati kopi.

Ketiga adalah cara sangrai dari biji kopi. Biji kopi yang disangrai dengan lebih matang hingga menghitam kandungan asamnya dapat melebur. Berbeda dengan biji kopi yang disangrai tidak terlalu matang. Beberapa orang memang memilih biji kopi yang disangrai tidak terlalu matang karena alasan rasa dan aroma. Namun ketika kita menginginkan kopi yang tidak terlalu tinggi kandungan asamnya, maka kita harus menyesuaikan selera kita juga.

Untuk mendapatkan mesin kopi atau mesin espresso yang tepat kamu dapat menghubungi Santino. Di sini kamu dapat menemukan banyak hal yang berhubungan dengan kopi, mulai dari mesinya hingga biji kopinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *