Bahaya Minum Kopi Di Pagi Hari

Sebagian orang menganggap bahwa kopi seakan menjadi hal yang sangat penting, terutama di pagi hari. Mereka tidak dapat beraktivitas apabila tidak meminum kopi. Bahkan, beberapa orang lebih memilih meminum kopi dibandingkan dengan sarapan. Padahal, kebiasaan minum kopi ketika perut Anda sedang dalam keadaan kosong justru dapat membahayakan kesehatan Anda. Apalagi jika Anda mengidap maag atau asam lambung serta kembung.

Sebuah studi mengatakan bahwa kopi dapat memicu peningkatan asam lambung, yang dapat menyebabkan gejala seperti kembung, gangguan pencernaan, serta mulas apabila Anda memiliki lapisan perut yang sensitif. Perut yang sensitif memiliki gejala sindrom iritasi usus. Selain itu, kopi dapat meningkatkan jumlah air yang terdapat dalam tubuh Anda. Sehingga, dapat memicu terjadinya dehidrasi. Jika sudah dehidrasi, detak jantung Anda pun menjadi tidak teratur.  Hal ini yang kemudian akan membuat jantung Anda bekerja lebih keras dan ujung-ujungnya akan mempengaruhi tekanan darah Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kegugupan, gelisah, dan efek lainnya, termasuk perubahan suasana hati.

Sebenarnya, tubuh Anda dapat memproduksi kafein secara alami. Lebih tepatnya adalah hormon yang bernama cortisol. Hormon cortisol ini memiliki fungsi yang mirip dengan kafein, yaitu untuk membuat tubuh kita tetap terjaga. Hormon inu diproduksi mengikuti jadwal biologis tubuh Anda. Salah satu waktu produksi cortisol tertinggi adalah ketika Anda bangun tidur. Itu mengapa sebenarnya kita tidak perlu lagi kafein buatan setelah bangun tidur. Apabila Anda ingin ‘kafein’ yang lebih, Anda dapat keluar dan berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

Produksi hormon cortisol ini terjadi 3 kali dalam sehari. Pada umumnya, hormon cortisol ini mencapai titik puncaknya pada pukul 8.00–9.00; pukul 12.00–13.00; dan terakhir pada pukul 18.00–19.00. Jika Anda mau meminum kopi, sebaiknya hindari waktu-waktu ketika hormon tersebut sedang diproduksi. Agar, produksi kafein alami dalam tubuh kita tidak terbuang dengan sia-sia. Disarankan agar Anda minum kopinya berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pada pukul 14.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *