Apakah Kalian Mengenal Macam-Macam Kopi Yang Ada Di Indonesia?

Kopi adalah salah satu minuman andalan yang ada di indonesia, nah kopi juga mulai menjadi andalan pertanian Indonesia sejak Belanda datang di situlah mereka mengenalkan suatu minuman yang bernama kopi. Pada saat ini Indonesia memasuki peringkat ke 4 besar negara penghasil kopi di dunia. Jika anda menyukai minuman seperti kopi ini, saatnya kamu mengenal macam-macam kopi yang ada di Indonesia nih.

Kopi Mandheling

Kopi ini terkenal karena memberikan rasa yang memuaskan untuk para pelanggannya. Metode kopi Sumatra ini melibatkan ceri kopi kering dalam air panas untuk memberikan tampilan biji kopi yang lebih konsisten daripada kopi olahan kering yang biasa.

Kopi ini dinamakan kopi Sumatra Mandheling menurut orang Mandheling Sumatra utara dan dianggap sebagai kopi spesial top dunia. Selain itu, kopi ini tumbuh di ketinggian hingga 5.000 kaki dan serendah 2.500 kaki diatas permukaan laut dekat Padang di Indonesia di bagian barat-tengah. Kopi ini memiliki rasa yang manis, memiliki rasanya yang kompleks dan intens dan memiliki rasa coklat yang menjadi ciri khas kopi Mandheling ini.

Kopi Toraja

Biji kopi Toraja ini diidentikan dengan tanda buah yang matang dan berwarna coklat hitam. Kopi Toraja memiliki rasa keasaman yang relatif rendah namun terasa kuat dan kapasitasnya yang lebih sedikit daripada kopi Sumatera dan lebih bersahabat daripada kopi Arabika Jawa.

Kopi Kintamani Atau Kopi Bali

Nah kopi yang satu ini gak kalah keren nih dari kopi-kopi sebelumnya, kopi ini sangat dihargai oleh kalangan masyarakat Jepang dan persediaan kopi Bali ini terbatas. Mau tau proses kopi Bali ini seperti apa? Yuk diperhatikan yaa!

Kopi ini diproses kering, diproses dengan cara disangrai secara medium, dengan hasil akhir berwarna coklat kehitaman dan kualitas ramuan rasa yang sangat menyengat.

Kopi Luwak

Wah kopi yang satu ini siapa sih yang belum mengenal dan mengetahuinya? Sebelum kita mengenal lebih dalam tentang kopi luwak ini yuk kita pahami dulu pengertian dari kopi luwak ini.

Kopi luwak adalah kopi yang berasal dari Indonesia, kopi ini adalah kopi yang paling sering dicari oleh masyarakat indonesia dan kopi yang memiliki harga termahal. Kopi luwak diambil dari kotoran hewan yaitu musang, kemudian dicuci, dijemur dan dipanggang sebentar.

Nah, dari macam-macam kopi yang ada di Indonesia, sudahkah kalian mencobai macam-macam kopi diatas? Jika sudah, manakah diantara kopi diatas yang kalian sukai? Dan manakah kopi yang kalian tidak sukai? Jangan lupa berbagi bagaimana rasa, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *