Apa Yang Membedakan Antara Steamed Milk Dengan Foamed Milk?

Kita tentu pernah mendengar istilah Dalgona Coffee akhir-akhir ini. Ya, jenis kopi yang sempat viral itu ternyata menggunakan foamed milk. Lalu apa bedanya dengan steamed milk?

Kalau foamed milk banyak juga yang menyebutnya dengan frothed milk karena susu yang panas diaduk secara cepat menggunakan milk frother atau juga diberikan udara dengan menggunakan steam wand pada mesin espresso.

Susu yang berbusa ini akan membentuk dua lapisan yaitu buih susu dan lapisan susu yang ketika dituangkan hanya akan terlihat buih susunya saja.

Idealnya foamed milk dipersiapkan untuk sajian cappucino atau dalgona coffee yang viral itu. Oleh karena foam yang jatuh akan berada di lapisan paling atas, maka ketika diminum akan menciptakan rasa yang menarik.

Kalau steamed milk justru akan lebih mengekspos rasa susu. Berbeda dengan foamed milk yang membuat rasa susu agak samar. Steam milk membantu mengembangkan karakter susu dari mulai rasa dan teksturnya.

Biasanya kita sering melihat steam milk ini ketika kita melihat sajian kopi yang ada gambar seninya di permukaan latte. Saat proses steam gula dan lemak pada susu terpecah yang akhirnya menciptakan tekstur kental paduan suau dan busa yang mengkilap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *