Di bulan puasa ini, bagi sebagian orang yang menjalankanya, tentunya tidak semuanya memiliki kondisi tubuh yang baik. Terutama bagi penggemar kopi yang mana kesehatan lambung adalah salah satu prioritas yang harus benar-benar diperhatikan. Jika kondisi lambung tidak sehat, maka kandungan asam pada kopi mungkin bisa berbahaya untukmu.
Apalagi ketika kita puasa pola makan kita berubah. Bagi para penderita magh atau asam lambung ini tentunya harus menjadi perhatian. Kondisi dimana seharian kita tidak makan dan minum tentunya cukup mengkhawatirkan bagi penderita magh dan asam lambung. Makanya disarankan untuk mengonsumsi obat setelah sahur untuk menjaga asam lambung.
Maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai kebiasaan ngopi yang kita lakuin di saat bulan puasa. Apakah itu aman? Jawabanya tentu relatif. Tergantung bagaimana kondisi kesehatan kamu, dan yang tau kondisi kesehatanmu tentunya adalah dirimu sendiri. Jika kamu memiliki gejala magh atau asam lambung seperti sering merasa mual dan perut terasa penuh, mungkin ngopi saat puasa sebaiknuya dihindari.
Tidak pada saat puasa saja kalau kita ada masalah dengan asam lambung, kopi yang mengandung asam ini bisa memperburuk keadaan. Cirinya adalah rasa mual atau tidak nyaman pada lambung setelah minum kopi. Apalagi saat kita berpuasa seharian tidak makan dan minum dan asam lambung kita naik, itu bisa sangat menyakitkan.
Terus yang mengalami gangguan tidur juga. Sebaiknya menghindari kafein. Apalagi di bulan puasa kita harus bangun lebih pagi untuk sahur. Kalau misalkan kamu minum kopi jam 9 malam terus efek kafeinya membuat kamu baru bisa tidur jam 12 malam misalnya. Tentu hal ini akan membuat kamu kesulitan bangun untuk sahur. Kalaupun bisa bangun untuk sahur, jam tidur kamu yang berkurang.
Terus yang tidak ada masalah dengan kesehatan bagaimana? Ya tentu saja kopi aman buat kamu. Selama tetap memperhatikan dosis yang tepat tentunya. Bahkan kopi ini sudah lama dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Maka bagi yang tidak mengalami gangguan kesehatan justru kopi bisa bermanfaat buat kamu saat puasa.
Hanya saja kamu harus memperhatikan efek diuretik dari kopi yang sebaiknya tidak kamu konsumsi sehabis sahur karena dapat membuat tubuh memproduksi urin lebih banyak. Ini tentunya bisa membuat tubuh kamu dehidrasi kalau seharian nanti kamu beraktifitas yang mengeluarkan banyak cairan. Kecuali tubuh kamu sudah cukup terbiasa dengan hal ini atau aktifitas kamu tidak terlalu banyak, hal ini mungkin bisa menjadi pengecualian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *