Tips Aman Minum Kopi Untuk Penderita Maag

 

Meminum secangkir kopi di pagi hari maupun sore sudah menjadi rutinitas banyak orang. Terutama bagi para pecinta kopi. Tetapi, maag yang kambuh selalu saja menghambat kita untuk meminumnya. Nah, bagaimana sih agar kita tetap bisa menikmati kopi walaupun menderita maag? Berikut ini beberapa tipsnya, simak yuk!

Pilihlah jenis kopi yang tidak asam

Tidak semua kopi itu sama, semua tergantung dari cara pengolahannya. Ada biji kopi yang tidak banyak mengandung kafein dan memiliki rasa yang tidak begitu asam. Semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan semakin asam, memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi, dan warnanya juga lebih hitam.

Anda dapat memilih minuman kopi yang diolah dengan teknik cold brew. Teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat dengan rasa yang lebih manis dan rendah kafein.

Jika Anda lebih suka kopi yang panas, gunakanlah teknik dark roast dan fermentasi. Kedua jenis kopi ini memiliki kandungan senyawa yang lebih aman, sehingga tidak akan terlalu berisiko meningkatkan asam lambung.

Tambahkan susu

Susu merupakan salah satu minuman yang baik untuk diminum oleh penderita maag. Itu mengapa, meracik kopi memakai susu bisa menjadi pilihan yang lebih aman untuk mencegah maag kambuh.

Akan Tetapi, pilihlah susu yang rendah lemak serta pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap susu sapi. Kandungan lemak yang tinggi dalam susu full cream dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah. Protein dari susu murni ini juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa yang terdapat dala kopi, sehingga menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Batasi porsinya

Jangan sampai asam lambung Anda kambuh hanya karena ingin memuaskan keinginan Anda saja. Apalagi jika sampai rela minum bercangkir-cangkir kopi dalam sehari.

Bagi penderita maag, disarankan untuk membatasi kopi maksimal 1 cangkir saja dalam sehari. Jika minum lebih dari takaran tersebut, dikhawatirkan asam lambung Anda akan naik, dan menyebabkan maag kambuh.

Makan terlebih dahulu

Kandungan asam dalam kopi dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Karena itu, sebaiknya minumlah kopi minimal satu jam setelah makan. Anda juga bisa meminum kopi sambil memakan makanan ringan. Hal yang terpenting adalah, perut Anda sudah terisi sebelum meminum kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *