Ternyata Hal-Hal Inilah Yang Harus di Perhatikan Ketika Ingin Membuat Kopi Tubruk!


Kopi Tubruk. Ya, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa kopi ini adalah kopi yang cara pembuatannya ditubruk. Kopi ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya kalangan bapak-bapak. Kopi Tubruk adalah kopi yang dibuat dengan mendidihkan biji kopi dengan gula sekaligus. Kopi ini mirip dengan Kopi Turki dan Kopi Yunani. Jenis kopi tubruk ini mempunyai banyak peminat di setiap daerah, mulai dari Pulau Jawa, Bali, Sumatra, dan sebagainya.

Di Timur Tengah sendiri, kopi ini sering di sebut sebagai “Kopi Lumpur”. Kopi ini cocok untuk dihidangkan bersama pisang goreng. Enak bukan? Kamu hanya perlu membeli kopi tubruk instannya saja. Meski instan, namun ada beberapa kopi tubruk instan yang memiliki rasa dan aroma yang kurang kuat. Kopi tubruk yang dibuat sendiri tentu akan jauh lebih enak dibandingkan kopi tubruk instan.

Untuk itu kali ini  Santino akan membahas mengenai cara membuat kopi tubruk ini supaya lebih enak ya. Namun sebelumnya kami beritahukan kalau kamu butuh mesin kopi atau mesin espresso yang handal dan berkulitas baik, hubungi Santino ya!

Ingin tahu bagaimana cara membuat kopi tubruk yang enak? Yuk simak tipsnya!

Rasio Kopi Dan Air

Banyak sekali perbedaan pendapat tentang rasio tepat yang digunakan untuk membuat kopi tubruk, ada yang menggunakan 1:10 dan ada juga yang menggunakan 1;12. Bahkan banyak yang menakar takaran kopinya hanya dengan sendok makan. Tidak ada salahnya selagi hal itu membuat kamu nyaman. Jika kamu ingin membuat kopi tubruk sendiri, sebaiknya kamu menggunakan cangkir sekitar 140 ml untuk sekali minum, dengan takaran bubuk kopi 1 sdm atau sekitar 15 gram.

Jenis Kopi Yang Dibuat

Kamu bisa memakai jenis biji kopi apapun untuk membuat kopi tubruk. Pilihlah biji kopi yang masih bagus dan berkualitas. Jangan gunakan biji kopi yang rusak atau yang sudah disangrai berbulan-bulan yang lalu. Hal ini tentu akan mempengaruhi rasa dan aroma yang dihasilkan dari kopi ketika diseduh. Tingkat kehancuran biji kopi pun harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu halus karena akan menyebabkan kopi menjadi terlalu pahit dan jangan pula terlalu kasar agar kopi tidak terlalu asam.

Waktu Penyeduhan

Agar seduhan kopi tubruk yang kamu buat menghasilkan aroma dan rasa terbaik, kamu perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode tubruk ini, waktu yang  butuhkan kira-kira 4-6 menit. Pada awal menyeduh kopi, sebaiknya kamu membasahi kopi selama 30 detik. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi dan sela-selanya. Setelah diseduh, biarkan kopi larut selama 3-5 menit tanpa diaduk dahulu. Biarkan kopi dan air melarut secara alami. Setelah itu, baru diaduk perlahan. Jika kamu ingin rasa yang lebih kuat, sebaiknya aduklah lebih lama.

Suhu Air Panas

Secara umum, suhu air panas yang untuk menyeduh pada titik 92 sampai 96 derajat celcius. Suhu air panas yang tepat akan membuat kopi larut dengan sempurna dan cita rasa serta aroma yang dihasilkan akan lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *