Selain Kafein, Apa Sih Yang Membuat Kopi Itu Disukai?

Kalau kita bicara soal kopi, sudah pasti yang melekat di otak adalah kandungan kafeinya. Banyak orang memanfaatkan zat yang satu itu sebagai mood booster disaat-saat kritis. Maka minum kopi sehabis bangun di pagi hari menjadi favorit banyak orang karena langsung terasa dampaknya. Kandungan kafein juga sering dikaitkan mengenai kecanduan pada kopi. Zat yang satu itu disinyalir menjadi faktor utama mengapa kopi adiktif bagi sebagian orang. Namun selain kandungan kafeinya, apakah ada hal lain yang membuat kopi itu begitu mengikat orang?

Rasa

Kopi adalah salah satu minuman yang rasanya menjadi nama. Rasa kopi. Sehingga tidak heran rasa kopi tidak bisa digantikan oleh bahan lain. Apalagi kalau sudah lebih dalam lagi kita masuk ke ranah rasa kopi, kita akan menemui kerumitan lain dibalik rasa kopi. Sebut saja rasa Arabika, Robusta, Catimor, Liberika dan lain sebagainya. Perbedaan single origin dari biji kopi memiliki kerumitan senyawa rasa yang berbeda. Hal inilah yang menjadi sangat mungkin orang akan tetap menyukai kopi disamping karena kafeinya.

Mood Booster

Seperti yang disebutkan tadi, entah bagaimana kopi bisa mempengaruhi suasana hati. Sehingga banyak yang menggunakanya sebagai mood booster. Walaupun ada penelitian yang menyebutkan bahwa efek ini hanya terjadi pada pria saja, namun tidak sedikit pula wanita yang mengaku moodnya dapat berubah lebih baik setelah meminum kopi. Kamu bisa membuktikanya sendiri dan merasakan perbedaan sebelum dan sesudah meminum kopi. Akan ada suasana hati yang berubah atau tidak?

Alam Bawah Sadar

Beberapa temanmu yang pecandu kopi kalau kamu tanya mengapa mereka suka kopi, jangan kaget kalau jawabanya “ya suka aja!”. Ya, sesimpel itu dan tidak ada alasan logis bagi mereka. Mereka bahkan tidak bisa menemukanya. Tanpa alasan. Mengapa bisa begitu? Hal ini mungkin faktor kebiasaan yang akhirnya permanen di alam bawah sadar. Bayangkan kamu pertama kali kenal kopi itu karena kamu sedang bertamu dan disuguhi kopi oleh temanmu. Maka tidak sadar tertanamlah di bawah sadar kalau kopi adalah minuman yang biasa untuk menyambut tamu. Maka kalau ditanya alasanya mengapa suka kopi, “ya suka aja! Kan orang-orang menyukainya!”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *