Proses Yang Benar Akan Menyelamatkan Aroma Alami Dari Kopi

Bubuk kopi yang baik tentunya memiliki aroma yang harum. Bagi pecinta kopi tentu sudah paham aroma kopi yang harum itu bagaimana. Nah, banyak yang tidak tepat dalam menyedu bubuk kopi sehingga aroma dari kopi yang seharusnya dapat menambah cita rasa justru hilang begitu saja. Bubuk kopi dari Otten Coffee yang berkualitas pun bisa hilang kalau kamu menyedunya dengan kurang tepat.

Makanya barista kopi itu haruslah orang yang punya pengetahuan tentang kopi. Semakin luas pengetahuanya akan semakin baik. Menyedu kopi bukan sekedar mencampur air panas dengan bubuk kopi melainkan berbagai proses tertentu yang dapat menghasilkan rasa kopi yang lebih enak.

Oke, kopi tubruk yang kita kenal memang memiliki proses yang cukup sederhana yaitu menyedu bubuk kopi dengan air panas. Namun ada cara lain yang biasa ditemukan di kafe atau kedai kopi. Salah satunya adalah pour over, baik dengan chemex maupun flat bottom drip, dan french press. Setiap cara akan akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Nah salah satu yang paling penting dari kenikmatan kopi adalah aromanya. Aroma adalah wangi yang keluar dari kopi secara alami. Maka kalau kamu mencoba-coba beberapa jenis kopi di kedai kopi langganan kamu, maka kamu akan menemukan aroma yang berbeda-beda dari setiap jenis biji kopi atau cara penyeduanya. Bila kamu mencium aroma bunga-bungaan (flowery), buah-buahan (fruity), kacang-kacangan, atau wangi rempah, maka kemungkinan rasa kopi itu juga memiliki unsur-unsur tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *