Perbedaan Kopitiam Dengan Kedai Kopi Kekikinian

Kedai kopi modern dapat dengan mudah ditemui di sudut Jakarta. Minum kopi kini bukan hanya sekadar gaya hidup, melainkan kebutuhan dengan banyaknya jumlah kedai kopi modern. Sebelum kedai kopi modern, tren minum kopi juga dimeriahkan dengan kehadiran berbagai kopitiam di Jakarta.

Meskipun sama sama kedai kopi, ada yang membeda antara keduanya. Berikut ini adalah perbedaannya.

1. Alat pembuat kopi Owner Ya Kun Kaya Toast Indonesia, Lanny Budiman ditemui di acara peluncuran varian makanan dan minuman bari di Ya Kun Kaya Toast Plaza Indonesia, Jakarta, menyebutkan hal yang paling membedakan kopitiam dengan kedai kopi modern adalah alat pembuat kopi. Kedai kopi modern mengandalkan mesin pembuat kopi modern, sedangkan kopi tiam mengandalkan alat tradisional yakni teko berukuran besar dengan leher panjang. Teko ini dilengkapi saringan tradisional untuk menyaring ampas kopi.

2. Jenis kopi Setiap kedai kopi punya kopi ciri khas tersendiri. Menariknya jika di kopitiam ada standar menu yang sama hampir di semua kopitiam. Kopi o berarti kopi hitam yang sudah ditambahkan gula, kopi o kosong berarti kopi hitam polos tanpa tambahan apa pun, kopi peng berarti es kopi dengan gula. Untuk kopi coffee berarti kopi dengan susu dan sedikit gula, kopi c berarti kopi dengan campuran susu kental manis dan gula, yuan yang berarti kopi yang dicampur teh.

3. Kopi dengan susu yang berbeda Baik kedai kopi modern maupun kopitiam terkenal dengan kopi susu. Namun yang paling membedakan adalah jenis susu yang digunakan. Kedai kopi modern menggunakan susu jenis UHT sedangkan kopitiam menggunakan susu evaporasi. Perbedaan dua susu tersebut ada di kekentalan dan rasa manis yang dihasilkan.

4. Makanan pendamping Hal yang paling unik dari kopitiam adalah makanan pendamping yang dijual. Biasanya selalu ada telur setengah matang dan roti panggang atau bakar dengan selai butter atau srikaya. Tak sedikit pula kopitiam yang menjual nasi lemak atau kwetiauw goreng. Di kedai kopi modern yang dijual umumnya adalah roti atau kue modern. Sangat sedikit kedai kopi modern yang menjual kue tradisional khas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *