Penasaran Dengan Cara Minum Kopi Orang Italia?


Tidak bosan-bosanya kami mengingatkan kamu kalau butuh mesin kopi berkualitas hubungi Santino aja. Santino berpengalaman dengan baik di bidang mesin kopi sehingga kamu tidak akan salah pilih untuk memenuhi kebutuhan mesin kopi kamu. Nah, kali ini rasanya menarik kalau kita bahas mengenai budaya ngopi dari negara lahirnya kopi espresso yaitu Italia.

Minum kopi merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan oleh kita orang Indonesia. Tanpa minum kopi, tubuh akan mudah lemas dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk membuat tubuh kita semangat dan fresh kembali. Aroma kopi yang kuat dan kaya rempah-rempah juga dapat membuat tubuh dan otak kita menjadi rileks.

Biasanya, kopi diminum pada saat pagi atau sore hari ditemani dengan beberapa camilan sebagai pelengkapnya, seperti pisang goreng, kue, roti, dan sebagainya. Itulah budaya yang berkembang di setiap daerah Indonesia pada umumnya. Berbeda lagi dengan Aceh, di mana Bi Kupi Pancong Saboh adalah cara memesan sebuah kopi pancung dengan porsi setengah gelas saja. Jika diartikan ke bahasa Indonesia, artinya adalah “Buatkan saya satu kopi pancong!”.

Setiap negara dan daerah tentu punya keunikannya masing-masing dalam meminum kopi. Salah satunya adalah negara Italia, yang mempunyai budaya minum kopi yang tidak biasa dan sangat menarik untuk dibahas. Penasaran seperti apa kira-kira? Simak info berikut ini.

Punya Kopi Khusus Di Pagi Hari

Di Italia, orang hanya meminum Cappucino, Caffe Late, dan Latte Macchiato saat pagi hari. Hal ini dikarenakan orang Italia hanya menikmati kopi susu pada saat pagi hari. Jika kamu ingin memesan kopi susu di Italia, jangan lewat dari jam 11. Orang Italia tidak pernah menikmati kopi susu saat siang hari. Kamu akan dianggap aneh jika memesan kopi susu saat lewat dari jam 11. Bukan berarti tidak boleh, namun memang itulah budaya yang berkembang di sana.

Kopi Espresso

Orang Italia tidak pernah memesan espresso dengan menyebut “espresso”, sebab minuman kopi di Italia sejatinya memanglah espresso. Bagi mereka, merka hanya cukup memesannya dengan menyebutkan “Caffè” atau secara verbal santunnya “Un caffè, per favore.”

Di Italia, meminum espresso hanya dilakukan dalam sekali teguk saja. Mereka hanya memesan kopi espresso hanya sebagai obat untuk mengatasi kelelahan atau rasa kantuk saja. Mereka tidak menikmati kopi sambil duduk atau membaca majalah, atau bahkan berbincang dengan orang lain. Jadi mereka meminum kopi espresso sambil berdiri.

Kopi espresso memang kopi yang aman untuk dipesan kapan pun yang kita inginkan. Kopi ini juga biasa dipesan orang Italia ketika santai sore atau setelah makan. Espresso double shoot bukanlah menu populer di Italia, ketika kamu butuh rasa kopi yang lebih strong, lebih baik datangi barista secara langsung untuk meminta dibuatkan kopi spesial untukmu.

Minum Kopi Harus Bersama-Sama

Jika di Indonesia kamu bisa duduk dan meminum kopi sendirian, jangan harap kamu dapat melakukannya di Italia. Kamu akan dianggap aneh karena hal tersebut. Di Italia, kamu harus meminum kopi bersama-sama. Kebiasaan ini disebut Al Banco. Jika kamu tidak membawa teman, kamu dapat bergabung dengan orang lain di situ. Orang Italia terkenal ramah dan sangat terbuka pada orang lain. Jadi, kamu tidak perlu takut akan kecanggungan yang terjadi nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *