Menikmati Kopi Dengan Benar Dapat Memaksimalkan Rasanya

Selain dari cara mengolahnya, cara menikmati kopi juga penting untuk dapat merasakan kopi yang enak. Kebanyakan mesin kopi atau mesin espresso sudah menggunakan prinsip pengolahan kopi dengan benar. Tinggal sentuhan manusia untuk menyempurnakanya. Tapi jika kamu tidak mau ribet mempelajari bagaimana mengolah kopi dengan benar sehingga menghasilkan rasa kopi yang enak, setidaknya kamu tau bagaimana cara menikmatinya dengan lebih baik.

Kebanyakan orang meminum kopi dengan menyerutupnya. Entah darimana datangnya cara ini telah menjadi cara yang digunakan banyak orang dan dianggap cara yang paling nikmat untuk menikmati kopi. Namun tahukah kamu kalau ada cara lain yang jauh lebih baik?

Pada prinsipnya kita harus memaksimalkan sensasi yang ditimbulkan oleh indera perasa dan penciuman kita. Kopi jangan diminum, jangan diseruput, tapi dihirup. Pada waktu kopi menyentuh bibir bawah, hirup aromanya sambil masukkan kopi ke mulut hingga menyebar merata ke atas lidah kita. Dengan cara itu kita memaparkan kopi semaksimal mungkin ke syaraf pendeteksi rasa dalam mulut sekaligus mengirimkan aroma ke indera penciuman sehingga otak mendapatkan informasi yang lengkap tentang kopi yang kita minum.

Ada juga yang beranggapan bahwa kopi espresso yang benar itu adalah yang rasanya pahit. Ini anggapan tidak sepenuhnya salah namun juga tidak sepenuhnya benar. Pahit dan tidaknya kopi espresso bukan menjadi tolok ukur kualitas penyajian kopi espresso. Rasa pahit memang ada dalam kopi secara alami karena kandungan kafeinnya, tapi seharusnya bukan menjadi rasa yang dominan. Espresso yang diekstraksi dengan benar mempunyai rasa manis alami dan komponen rasa pahit dan asam yang seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *