Memperlajari Keunikan Kopi Sumatera Yang Berasal Dari Sumatera

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Negara kita memiliki beragam kopi yang ditanam di penjuru negeri. Biasanya, penamaan kopi dilakukan bedasarkan tempat dan daerah kopi di tanam. Setiap pulau di Indonesia memiliki kopi daerahnya masing-masing, salah satunya adalah kopi Sumatera.

Rasa pahitnya yang tebal, menyebabkan kopi dari pulau ini, sangat cocok untuk yang merokok. Ada khas pada jenis kopi ini yang mana ia tidak dapat digantikan oleh jenis kopi lain. Jenis kopi Sumatera mempunyai keunikan dimana dia ada hubunganya dengan tanah bekas aktifitas vulkanik, hal ini menyebabkan tanaman kopi tumbuh subur di sana dan terpenuhi unsur hara yang membuatnya terasa lebih enak.

Asal Usulnya

Kopi Sumatera asal usulnya dari Danau Toba dan berawal di tahun 1884. Faktanya, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang mana tanah pasca vulanik memiliki banyak unsur hara yang cocok untuk penanaman kopi.

Tipe Kopi Yang Ditanam Di Sumatera

Banyak sekali tipe kopi yang ditanam di Sumatera. Untuk Arabika ada, tipe Linie S dan Typica, sedangkan untuk Robusta, ada Catimor. Tipe-tipe kopi ini memiliki sejarahnya masing-masing. Typica awalnya dibawah dari Pulau Jawa dan ditanam di Sumatera. Tipe ini sudah jarang ditemukan di Indonesia, hanya di perkebunan kopi di dataran yang sangat tinggi. Sementara untuk Linie S merupakan hasil perkawinan silang antara Liberika dan Bourbon. Ada juga tipe yang dinamai Abysinna yang dibawa dari Ethiopia tahun 20an yang menciptakan rasa cenderung berimbang dan tidak memihak.

Rasa Dari Kopi Sumatera

Ibnu menjelaskan bahwa rasa kopi ini memiliki ciri khas rasa pahit yang sering disebut ‘earthy’. Kadar mineral organik yang terdapat di beberapa tanah di Pulau Sumatera dengan kandungan mineralnya yang tinggi menciptakan rasa-rasa ini. Ia menambahkan rasa ‘earthy’ sendiri, dominan dengan rasa kacang-kacangan. Earthy ini merupakan rasa di belakang kopi, atau sering disebut aftertaste. Rasa ini muncul saat kopi sudah diminum.

Demikian uraian mengenai kopi Sumatera ini, kalau kamu membutuhkan mesin kopi berkualitas, hubungi saja Santino yang sudah terpercaya menyediakan berbagai mesin kopi berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *