Ketika Pandemi Seperti Ini Bagaimana Dengan Bisnis Kafe Mu?

Ketika kita harus berhadapan dengan kenyataan yang tidak menentu seperti saat ini, kita harus pandai-pandai dalam menyesuaikan diri. Siapa yang mampu membaca situasi dengan cepat dan beradaptasi dengan cepat dialah yang akan bertahan. Masa pandemi ini bisa saja menjadi bagian dari seleksi alam untuk umat manusia. Kita mau tidak mau harus berusaha sebaik mungkin untuk memenangkan kompetisi ini.

Mengeluh mungkin adalah hal yang sangat menggoda untuk dilakukan. Tapi sayangnya itu tidak menyelesaikan masalah malah cenderung membuang-buang waktu dan tenaga. Melupakan apa yang sudah terjadi agar bisa lebih fokus ke masa depan tidak ada salahnya. Walaupun kenyataan bahwa melupakan sesuatu itu tidak kalah sulitnya dengan mengingat sesuatu. Namun sekali lagi siapa yang mampu beradaptasi dengan cepat dialah yang akan bertahan.

Kalau kamu memiliki bisnis kedai kopi baik besar maupun kecil tentu merasakan dampaknya. Pandemi ini membuat siapa saja merasa kurang nyaman keluar rumah. Tidak hanya takut pada virusnya tapi juga para penegak aturanya. Maka tidak heran kalau tiba-tiba saja yang datang hanya satu atau dua orang saja. Itupun kalau ada.

Tapi kalau kamu cukup jeli dengan peluang, kamu akan melihat sisi mana yang diuntungkan dari situasi yang tidak menguntungkan ini. Dunia mendadak menjadi serba online. Bahkan untuk beli sabun mandi saja yang biasanya kita mampir di warung depan, sekarang minatnya tinggi di pasar online. Pembatasan sosial membuat bisnis online meroket. Inilah peluang itu.

Manfaatkan layanan pesan antar makanan. Mungkin kafe kamu sepi pengunjung, tapi bukan berarti sepi orderan. Sudah banyak yang berhasil melakukan cara ini. Mengapa kamu tidak segera beradaptasi. Ingat, siapa yang paling cepat bisa beradaptasi dialah yang akan mampu bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *