Kenali Perbedaan Antara Cappuccino, Espresso Dan Latte

Seiring berjalannya waktu, kopi di dunia semakin bertambah banyak jenisnya. Mulai dari cappuccino, espresso, hingga latte. Ketiga jenis kopi ini memang yang paling umum dan banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Rasanya yang enak pun membuat kita ketagihan untuk mengonsumsinya. Namun, apakah Anda tahu apa yang membedakan kopi-kopi ini? Yuk, ketahui perbedaan antara ketiga jenis kopi tersebut di bawah ini. 

Kopi espresso dikenal sebagai jenis kopi yang memiliki tekstur kental dengan warna yang hitam pekat. Espresso juga ada cara penyajiannya tersendiri. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan dalam pembuatan espresso ini, salah satunya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu biij kopi dengan mesin khusus espresso. Kopi ini biasanya tidak disajikan dalam cangkir dengan ukuran yang besar, melainkan dengan cangkir kecil yang berukuran 25-30 ml atau disebut juga dengan shot. Takaran porsi yang digunakan untuk kopi jenis ini adalah ristretto, single shot, lungo, dan double shot.
Sementara itu, cappuccino adalah jenis kopi yang didasari oleh susu dengan tambahan taburan bubuk coklat yang menambah rasa serta penampilan dari kopi ini. Jenis kopi ini memang masih termasuk espresso, namun ada yang membedakannya dari espresso. Yaitu, bahan pembuatannya yang terkandung dalamnya. Pada umumnya, cappuccino dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair, dan juga 1/3 foam. Komposisi antara susu dan kopi dalam jenis minuman kopi ini haruslah seimbang.
Lalu yang terakhir adalah latte. Latte masih berbahan dasar espresso, namun rasanya lebih didominasi oleh susu. Di Amerika, jenis kopi ini sangat populer. Tidak hanya karena rasanya yang manis, namun juga rsanya yang lembut dibandingkan dengan espresso. Hal yang membuat latte dan cappuccino berbeda adalah dari takarannya. Latte memiliki takaran 1/6 espresso, 4/6 susu cair, dan 1/6 foam. Karena tekstur kopinya yang encer, latte dapat dinikmati sebagai hidangan penutup. Busa yang ada pada latte juga sering dibuat sebagai latte art oleh para barista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *