Kenali 5 Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Ada penghasil kopi kurang  lebih 70 negara, tapi ada 5 negara sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Meskipun ada begitu banyak negara penghasil kopi di dunia, tapi tidak semua negara itu menghasilkan kopi yang enak. Mungkin dikarenakan iklim di negara tersebut, proses penanamnya, maupun lainnya. Maka dari itu untuk mendapatkan kopi yang enak kita harus memperhatikan kondisi iklim dan cuaca, ini karena kopi merupakan tanaman tropis. Berikut negara-negaranya.

Brazil

Sebagai penghasil kopi terbesar pertama di dunia, Brazil menguasai sekitar 30% pasar kopi di dunia. Nilai produksi kopi di Brazil memiliki perkembangan penting dalam ekonominya. Sebanyak 300.000 bibit ditanam di perkebunan seluas 2,600,000 hektar. Biasanya lokasinya berada di Sao Paulo, Parana, dan Gerais.

Vietnam

Walaupun tergolong sebagai negara penghasil kopi terbaru di dunia. Vietnam nyatanya sudah menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan peningkatan produksi kopi setiap tahunnya sebesar 20% sampai 30%. Dari situlah akhirnya perkembangan ekonomi Vietnam mulai membaik dan mengalami kemajuan.

Indonesia

Meskipun Indonesia perdagangan kopi internationalnya tidak setenar di Vietnam maupun Brazil, namun Indonesia merupakan lokasi yang strategis disertai iklim tropis, menjadikannya tempat yang pas untuk pertumbuhan kopi. Betul saja, total produksi kopi di Indonesia mencapai 630.000 ton di perkebunan kopi seluas 1 juta hektar. Ada beberapa daerah terbesar penghasil kopi di Indonesia  yaitu Sumatra, Sulawesi, Jawa, dan Nusa tenggara Timur. Masing-masing daerah mempunyai keunikan rasa kopi yang berbeda. Seperti kopi Toraja, kopi Gayo, kopi Kintamani, kopi Bajawa, dan salah satunya kopi yang menjadi favorit dari Indonesia adalah kopi Luwak.

Honduras

Karena jumlah produksi  terus berkembang dan lebih banyak, akhirnya Honduras berhasil menduduki 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia dengan menyingkirkan Ethiopia sebelumnya. Dengan hasil produksi sebanyak 450.000 ton dalam sekali panen, hal inilah yang meyebakan Vietnam sebagai produsen ketiga terbesar di Amerika  Latin

Kolombia

Kolombia dikenal sebagai negara yang penuh konflik, tapi ada hal yang membuat negara ini begitu terkenal. Ialah kopi, di Kolombia kopi merupakan komoditas penting  dan penggerak ekonomi di Kolombia. Meskipun sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, rupanya Kolombia pernah mengalami kegagalan panen sebesar 40% yang di sebabkan oleh hujan lebat yang melanda Kolombia sehingga tanaman kopi tersebut terkena hama. Untuk mengatasi terjadinya serangan hama lagi pemerintah mengganti tanaman kopi  dengan mengganti varietas yang tahan serangan hama, dan hasilnya pun sungguh memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *