Jenis- Jenis Kopi Di Dunia Sangat Menarik Untuk Kamu Ketahui Loh!

Sudah berapa banyak jenis kopi yang kamu ketahui? Sudah tahukah kamu mengenai kopi Ekselsa misalnya? Nah, kalau kamu sudah tahu berarti pengetahuan kamu tentang kopi sudah cukup dalam ya! Tapi kalau kamu baru tahu Arabika dan Robusta saja seperti kebanyakan orang, penjelasan di bawah ini akan menambah pengetahuan kamu.

Kopi Arabica

Kopi Arabica adalah kopi pertama di dunia yang berasal dari Ethiopia, kemudian oleh bangsa arab disebarkan ke penjuru dunia. Arabica termasuk kopi yang paling terkenal di dunia. Arabica juga termasuk kopi dengan tarif maupun harga termahal karena pembudidayaan maupun perawatan yang termasuk sulit. Ciri khas kopi ini yaitu warna nya tidak terlalu pekat dan juga mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan kopi- kopi jenis lain. Dua variasi Arabica yang terkenal di dunia adalah Typica dan Bourbon.

Kopi Robusta

Kopi Robusta adalah jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Biji kopi Robusta ini ditemukan di negara Kongo. Pembuahan biji kopi ini cenderung lebih lama karena memerlukan waktu 10-11 bulan. Dari segi rasa kopi Robusta lebih pahit dari jenis kopi lainnya. Akan tetapi harga nya lebih murah dibanding kopi lainnya.

Kopi Ekselsa.

Kopi ini berasal dari benua Afrika bagian barat, di dekat Danau Chad. Kopi Ekselsa ini dibudidayakan pada daerah rendah dan basah. Akan tetapi ini lebih mudah ditemukan di Indonesia tepatnua ada di daerah kabupaten Tajung Barat tepatnya berada di Jambi. Kopi ini memiliki harga dan kualitas yang lebih tinggi dibandingkan kopi jenis lainnya.

Kopi Liberika

Dari segi bentuk, kopi ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan kopi jenis lain. Namun saat proses penjemurannya bobotnya berkurang 10% dibandingkan dari bobot basahnya. Jenis ini kurang disukai oleh petani karena ongkosnya lebih mahal dan perjalanan nya lebih lama. Sehingga tingkat produksi kopiĀ  Liberika terbilang sangat kecil dibandingkan jenis lain.

Kopi Kintamani

Kopi jenis ini berasal dari Indonesia lebih tepatnya di Daerah Bali. Kopi ini populer di Jepang,Eropa serta Arab. Ciri khas kopi ini adalah rasanya agak pahit dan memiliki cita rasa yang sama seperti jeruk. Sebab adanya rasa dominasi asam citrus segar serta adanya aroma bunga didalamnya. Karena budidaya kopi ini bersebelahan dengan kebun jeruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *