Jenis-Jenis Biji Kopi Yang Perlu Kamu Ketahui


Kopi merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia setelah teh. Tidak sedikit anak muda bahkan sampai orang tua suka yang namanya kopi ini. Jika anda pernah mengkonsumsi kopi, tentu anda lebih banyak mengetahui jenis jenis dari kopi sendiri. Tapi bagaimana untuk anda kopi lovers pemula? Anda tentu masih belum banyak mengetahui mengenai jenis jenis biji kopi. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas banyak mengenai jenis jenis biji kopi. Ternyata tidak hanya 1 macam saja loh Biji kopi. Berikut merupakan 4 Jenis biji Kopi.

Kopi Arabika

Jenis pertama adalah kopi Arabika. Kopi arabika merupakan kopi yang paling memiliki citra rasa terbaik. Banyak kopi di buat menggunakan jenis kopi yang satu ini, biasanya anda akan menemukan jenis kopi yang satu ini beradaa di Amerika Latin, Afrika, India dan Indonesia. Kopi arabika merupakan salah satu kopi tradisional yang banyak di sukai orang orang karena cita rasa yang baik.

Kopi Robusta

Jenis kopi kelas kedua adalah biji kopi Robusta. Biji kopi yang satu ini pertama kali di temukan di Kongo. Kopi Robusta sendiri juga di sebut kelas kedua karena memiliki rasa yang lebih pahit dan juga ada rasa asam dengan kafein yang banyak. Jenis kopi yang satu ini ketika di tanam, maka dia akan lebih resisten dengan hama penyakit. Karena itu lah, harga dari kopi Robusta ini lebih murah di bandingkan kopi Arabika.

Kopi Luwak

Nah, kalau yang satu ini tentu anda sering mendengarnya, karena kopi yang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan memang hasil paling utama di Indonesia. Kopi ini merupakan hasil fermentasi dari perut hewan Luwak sendiri. Kopi luwak ini di jual dengan harga yang paling tinggi di bandingkan biji kopi yang lainnya. Karena prosesnya juga sangat unik, karena kopi ini adalah kopi arabika yang di makan oleh Luwak atau memiliki hubungan dengan musang. Namun tidak semuanya di cerna oleh Luwak sendiri, pada bagian bijinya akan di keluarkan.

Kopi Excelsa

Salah satu kopi Excelsa sendiri merupakan salah satu kopi yang banyak di jumpai di dataran rendah juga. Maka dari ini, kopi ini tergolong lebih murah di bandingkan jenis biji kopi lainnya. Kopi ini banyak di temui di Tanjung Jabung Barat di Jamb, Sumatera.

Demikian merupakan jenis biji kopi yang banyak di temui di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *