Ingin Membuat Kopi Sendiri Di Rumah? Gunakan Tipe Mesin Kopi Berikut Ini!

Kopi memang punya cara tersendiri dalam menarik peminatnya. Ya, rasanya yang kaya dan aromanya yang nikmat inilah yang membuat kopi banyak disukai oleh seluruh orang di berbagai kalangan masyarakat. Ditambah dengan camilan ringan dan pemandangan yang indah, waktu menikmati kopi pun menjadi lebih berkualitas.

Apakah anda pencinta kopi? Jika iya, anda tentu sudah tahu bahwa meracik kopi sendiri merupakan cara terbaik untuk mendapatkan rasa dab aroma kopi yang nikmat. Untuk mendapatkan hal tersebut, kita harus menggunakan beberapa alat untuk membuat dan meracik kopi, salah satunya adalah mesin kopi.

Mesin kopi banyak digunakan oleh para barista di cafe untuk meracik kopi. Namun, mesin kopi untuk cafe tidak sama dengan mesin kopi untuk rumahan. Sebenarnya tidak apa-apa jika anda mau memakai mesin kopi seperti di cafe-cafe. Namun, tidak ada salahnya bukan jika anda membeli mesin kopi yang sesuai dengan kebutuhan rumahan agar fungsi mesinnya dapat bekerja secara maksimal dan dapat menghemat biaya.

Untuk kebutuhan rumahan, mesin kopi yang tepat untuk anda adalah sebagai berikut.

Mesin Kopi Automatic

Jika anda ingin membuat kopi yang praktis tanpa harus menghilangkan kualitasnya, anda dapat memilih mesin kopi jenis ini. Anda hanya perlu memasukkan biji kopi ke dalam mesin kopi, lalu mesin akan mengerjakan seluruh proses hingga keluar hasil ekstraksi kopi. Espresso buatan sendiri pun siap dinikmati. Keunggulan lain dari mesin jenis ini adalah proses pembuatannya dapat menggunakan kapsul kopi. Jadi, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menggiling ataupun memadatkan biji kopi.

Mesin Kopi Kapsul

Sesuai dengan namanya, mesin jenis ini adalah mesin kopi yang menggunakan bubuk kopi yang telah dibungkus dalam kapsul. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menggiling dan menghaluskan biji kopi lagi. Cukup masukan 1 kapsul kopi ke dalam mesin, dan secangkir kopi pun siap dinikmati. Berbeda dengan mesin kopi automatic, mesin kopi jenis ini hanya dapat menggunakan kapsul kopi, yang berarti mesin ini tidak dapat menghaluskan ataupun menggiling biji kopi.

Mesin Kopi Manual

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa mesin ini digunakan untuk membuat kopi secara manual, mulai dari menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan air, juga lamanya ekstraksi kopi. Penggunaannya yang tergolong manual memang agak rumit. Namun, hasil kopi yang didapat tentu akan lebih maksimal jika anda menggunakan mesin ini. Selain itu, bagian yang terdapat pada mesin ini jauh lebih lengkap dibandingkan dengan mesin kopi lainnya, seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter, dan manual lever.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *