Hindari Yang Instan-Instan Untuk Hidup Yang Gak Instan!

Fenomena kopi instan yang semakin banyak ragamnya membuat kita bertanya-tanya, benarkah kopi sekarang bisa dinikmati dengan instan? Secepat itu? Tanpa roasting, tanpa sedu dan serangkaian proses yang rumit?

Perlu kamu tahu sejarah dimana kopi instan awalnya diciptakan. Dulu kopi instan itu dibuat untuk para tentara yang sedang di medan perang. Kopi membantu mereka tetap dalam kondisi terbaik namun tidak mungkin memiliki waktu untuk mengolahnya secara normal. Maka dibuatlah kopi instan.

Namun sekarang kopi instan tidak lagi digunakan dalam medan perang lagi. Bahkan prosesnya semakin instan. Pertanyaan berikutnya adalah amankah mengonsumsinya dalam jangka panjang?

Sekarang ini, yang namanya kopi instan lebih tepat disebut minuman rasa kopi ketimbang kopi. Memang terasa seperti minum kopi, tapi apakah ada kopi dengan rasa seenak itu tanpa proses yang benar dan harganya hanya seribu sampai dua ribu per sachet? Tentu jawabanya tidak. Untuk menghasilkan kopi yang enak setidaknya ada 2 unsur yang tidak murah. Pertama adalah kualitas dari biji kopi itu sendiri dan yang kedua adalah proses yang sempurna.

Maka kamu harus pintar dalam hal ini.

Proses mengolah kopi asli tidak mengandung bahan kimia. Prosesnya mengandalkan serangkaian timing, suhu, dan penyimpanan yang benar. Serta untuk mengolahnya dengan benar butuh waktu yang tidak instan. Nah, sekarang untuk kopi instan bagaimana mungkin tidak melibatkan bahan kimia? Cukup dengan bubuk yang disedu dengan air, bahkan bisa panas bisa dingin, lalu tiba-tiba rasanya sudah manis dan pahit seperti kopi mahal.

Kalau pertanyaanya aman atau tidak mengonsumsi kopi instan? Tentu jawabanya aman. Mengapa? Karena kopi instan sudah dapat ijin layak konsumsi oleh badan pengawas obat dan makanan. Tapi jika pertanyaanya adalah amankah mengonsumsi kopi instan setiap hari dalam jangka panjang? Ini perlu diteliti lagi.

Lagipula, kopi instan tidak mengandung antioksidan. Jadi kamu tidak akan mendapatkan manfaat kopi secara maksimal dari kopi instan. Padahal kandungan antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas juga dapat melawan sel-sel penuaan. Jadi untuk dikonsumsi jangka panjang tidak hanya aman bagi tubuh, tapi juga akan ada manfaat bagi tubuh kita. Berbeda dengan kopi instan yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang bukanya bermanfaat malah beresiko menimbun berbagai macam bahan kimia dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *