Gimana Sih Cara Menikmati Kopi Espresso Dengan Baik?

mesin espresso

Kopi espresso asal Italia ini memang sangat populer di Indonesia. Cara penyajianya yang cepat dan unik membuat kopi ini cepat disukai orang Indonesia. Bahkan hampir semua kedai kopi di Indonesia pasti menyediakan kopi espresso ini.

Sekedar informasi, kamu juga dapat membuat kopi espresso sendiri di rumah dengan mesin espresso dari Santino. Dengan mesin espresso yang kamu miliki sendiri di rumah, maka kamu akan dapat menikmati kopi espresso yang nikmat setiap hari.

Sebagai jenis kopi yang paling dasar bagi pecinta kopi, kopi espresso yang baik seharusnya tidak terlalu pahit dan membuat jantung berdebar. Walaupun prosesnya sangat cepat, kopi espresso tidak sesederhana itu. Secara tradisional, secangkir kecil one shot espresso mengandung 7 sampai 9 gram bubuk kopi murni dengan takaran air 25 sampai 30 ml. Lalu bubuk kopi diekstrasi dengan tekanan 132 pon per persegi, yang pada akhirnya proses ini yang menjadikan naman kopi espresso dan yang membedakanya dengan jenis kopi yang lain.

Mungkin kamu sudah tahu bahwa kopi espresso sebaiknya harus segera dihabiskan. Dari negara asalnya sana, Italia, kopi espresso biasa dihabiskan dalam sekali teguk. Namun tahukah kamu mengapa demikian. Jawabanya adalah karena crema pada kopi espresso akan cepat hilang kalau tidak segera diminum. Sementara kopi espresso dengan crema yang masih utuh aromanya akan terbungkus dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *