Ciptakan Pengalaman Terbaik Ke Pelanggan Di Kedai Kopimu


Kalau kamu pernah ke kedai kopi lalu kamu merasakan ada nuansa baru begitu sang barista menyajikan secangkir kopi, itu bisa menjadi inspirasi kamu dalam membuat kedai kopi kamu sendiri. Kamu harus dapat membuat suasana atau pengalaman terbaik bagi para pelanggan di kedai kopi yang kamu miliki. Apapun caranya kamu harus dapat membuat nuansa itu sehingga kedai kopi kamu ada di hati para pelangganmu.

Pertama adalah pelayanan yang baik. Tentunya kamu ketika datang ke kedai kopi ingin dilayani dengan baik, kalau perlu dengan sepenuh hati, penuh senyum dan ramah. Ini secara psikologi akan membuat pelanggan nyaman, dan begitu mereka nyaman berada di kedai kamu, mereka tidak akan segan-segan menceritakan pengalaman mereka kepada kerabat, saudara, teman atau pasangan. Itu tentunya secara tidak langsung pelanggan kamu adalah sekaligus tim marketing kamu. Tidak heran jika bisnis kedai kopi yang melayani pelangganya dengan baik akan lebih cepat sukses.

Hadiah-hadiah kecil seperti biskuit atau potongan coklat yang disajikan bersamaan kopi akan menjadi kejutan bagi pelangganmu. Ini memang terlihat sepele, tapi percayalah, setiap orang menyukai kejutan walaupun itu sangat sepele karena merasa diperhatikan itu sangat menyenangkan. Kamu tentu juga tidak akan mempermasalahkan apa yang diberikan oleh teman atau pasangan kamu bukan? Tapi cukup merasa diperhatikan saja kamu tentu sudah sangat senang.

Apalagi kalau barista itu sedikit meluangkan waktunya untuk mendengar apa keluhan pelanggan. Ada kisah seorang pelanggan yang sedang menghadapi masalah yang berat dalam hidupnya. Ketika mampir ke sebuah kedai kopi, barista menanyakan kepadanya tentang kabarnya hari ini. Tentu saja dengan wajah murung ia menjawab bahwa kabarnya buruk. Sang barista meluangkan waktunya untuk mendengar sedikit keluh kesahnya. Setelah itu ia memberikan kopi pesananya dan menambahkan sedikit biskuit. Dengan wajah senyum si pelanggan menerima hadiah kecil itu.

Kalau dinilai secara ekonomi tidak seberapa harga biskuit itu. Biskuit itu tidak lantas membuat masalah pelanggan tersebut selasai. Tapi terkadang sedikit simbolisme dukungan akan membuat orang lebih kuat menghadapi masalahnya. Itu artinya secara tidak langsung sang barista membantu permasalahan pelangganya bukan?

Kalau ikatan psikologis ini berhasil kamu tanamkan pada pelanggan kopi di kedai kopi kamu, dapat dipastikan bisnis kedai kopi kamu akan bertahan lama. Namun tetap jangan lupa bahwa cita rasa kopi terbaik berasal dari mesin kopi yang baik. Karena hanya mesin kopi yang baik yang dapat mengolah biji kopi dengan baik. Nah, mesin kopi itu ada di Santino!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *