Ciptakan Bubuk Kopi Yang Nikmat Dengan Roasting Yang Benar

Bubuk kopi berkualitas tentu tidak semata karena terbuat dari biji kopi berkualitas. Namun juga melalui serangkaian proses yang menjadikanya nikmat. Salah satu proses penting yang membuat biji kopi menjadi bubuk kopi yang nikmat adalah proses roasting atau pemanggangan.

Proses pemangganan yang baik harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah suhu oven untuk memanggang. Setidaknya panaskan oven hingga mencapai suhu 232°C

Saat menata biji kopi untuk dipanggang, usahakan setiap biji kopi posisinya berdekatan satu dengan yang lainya namun pastikan tidak saling menindih. Posisi yang baik adalah merata satu lapis dan saling berdekatan.

Jangan lupa untuk mengaduk kopi setiap beberapa menit untuk memastikanya matang secara merata. Lama memanggang yang baik biasanya sekitar 15 sampai 20 menit. Tentu tergantung jenis dan kondisi kopi yang kita panggang. Yang jelas akan terdengar suara sedikit letupan kecil pada biji-biji kopi yang dipanggang yang menandakan bahwa biji kopi sedang terpanggang dan menjadi lebih gelap.

Tanda kopi sudah cukup terpanggang dengan benar adalah warnanya yang sudah gelap namun tidak gosong. Selain itu kadar air dalam biji kopi juga sudah hilang sehingga biji kopi menjadi lebih ringan dan mengeluarkan aroma khas kopi. Perlu kebiasaan dan pengalaman untuk dapat memanggang biji kopi dengan sempurna.

Setelah kamu mengeluarkannya dari oven, usahakan kamu menuangkanya pada wadah berlubang atau saringan logam dan kamu aduk. Proses ini akan mempercepat pendinginan biji kopi yang terpanggang sekaligus menghilangkan dedak atau sekam hasil dari proses pemanggangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *