Benarkah Kopi Itu Berbahaya Bagi Jantung Kita?

mesin espresso

Salah satu alasan yang sering membuat orang menghindari meminum kopi adalah kopi katanya tidak baik untuk jantung. Kandungan kafein pada kopi disinyalir dapat menaikan tekanan darah dan akibatnya bagi penderita jantung akan mengalami gagal jantung. Namun benarkah itu?

Kandungan kafein pada kopi memang dapat menaikan tekanan darah, dan seperti yang kita tahu, bagi penderita penyakit jantung, tekanan darah yang terlalu tinggi adalah kabar buruk. Namun studi yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation: Heart Failure, menemukan bahwa para peminum kopi moderat ini memiliki risiko gagal jantung 11 persen lebih rendah.

Bagaimana kopi ini bisa menurunkan resiko gagal jantung memang masih belum jelas. Kemungkinan terbesar bagi peneliti adalah terletak pada dua faktor risiko terkuat bagi gagal jantung, yaitu diabetes dan darah tinggi. Karena riset juga menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Dimana jika risiko diabetes turun, otomatis resiko gagal jantung juga turun.

Kita sebagai peminum kopi tentu harus bisa bijak menyikapi soal ini. Hasil penelitian yang menunjukan hal sebaliknya dari apa yang kita duga selama ini, juga bukan berarti alasan buat kita mengesampingkan resiko meminum kopi. Setiap makanan dan minuman apapun pasti memiliki resiko jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka meminum kopi tidak lebih dari 2 cangkir sehari adalah cara bijak meminum kopi secara sehat. Tentu dengan pengecualian seperti kopi ala eropa yang bisa kita minum 4 cangkir sehari dan masih dalam batas aman.

Yang lebih penting adalah untuk mendapatkan kopi espresso yang nikmat kita membutuhkan mesin espresso dari Santino yang berkualitas tinggi. Dengan mesin espresso yang berkualitas baik maka kamu akan mendapatkan rasa kopi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *