Bagaimana Menyimpan Biji Kopi Agar Tidak Rusak Rasanya Akibat Oksidasi?

Persediaan kopi kita yang ada di rumah tentu harus kita jaga kesegaranya. Salah satu metode yang paling sering orang lakukan adalah dengan menaruhnya di wadah kedap udara. Berharap cara ini dapat menunda proses oksidasi sehingga kita dapat menyimpan biji kopi kita lebih lama. Namun sayangnya cara ini tidak dapat menahan oksidasi cukup lama.

Cara itu memang dapat menahan atau menunda proses oksidasi yang terjadi, namun tidak cukup lama, katakanlah 2 sampai 3 hari saja. Maka jika persediaan biji kopi kamu, apalagi yang berkualitas premium cukup banyak, maka kamu butuh memikirkan cara lain yang lebih efektif.

Cara tersebut adalah dengan membekukanya di lemari es atau freezer. Cara ini diyakini mampu menahan proses oksidasi lebih lama, yaitu maksimal hingga 2 tahun. Namun kita harus bisa memastikan bahwa ketika biji kopi beku tersebut keluar dari freezer harus segera kita proses untuk dinikmati. Membiarkan kopi tersebut bersentuhan dengan udara apalagi sampai berembun karena perbedaan suhu akan merusak citarasanya.

Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai persediaan biji kopi premium yang kamu miliki akan disimpan seperti apa. Dengan cara ini kamu dapat menghemat untuk pembelian dalam jumlah sedikit. Atau memiliki bisnis kedai kopi dan ingin mempertahankan kualitas kopi hidanganmu, maka cara penyimpanan ini bisa menjadi referensi kamu.

Jangan lupa untuk menggunakan mesin kopi yang berkualitas baik supaya biji kopi kamu dapat diproses dengan lebih maksimal. Mesin kopi yang baik tidak akan membuang cita rasa biji kopi yang ada. Dia juga tidak akan mengecewakanmu karena mudah rusak rewel. Untuk itu pastikan kamu memilih mesin kopi yang terbaik untuk hasil terbaik.

Di sini, di Santino, kamu dapat menemukan mesin kopi dengan kualitas terbaik dengan harga yang masuk akal. Berbagai pilihan mesin kopi dengan kualitas yang baik dapat kamu temukan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *