Bagaimana Kamu Dapat Memilih Biji Kopi Yang Berkualitas?

Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Hampir semua kalangan menyukai kopi atau setidaknya pasti pernah meminum kopi. Kopi ini sering dijadikan minuman saat kita bersantai maupun saat hang out. Lalu bagaimana kamu dapat memilih biji kopi yang tepat agar tidak salah pilih?

Perhatikan Tanggal Sangrainya

Sebelum kamu membeli biji kopi siap giling, pertama perhatikan kapan tanggal sangrai biji kopi tersebut. Hal ini merupakan hal yang penting, karena dengan mengetahui tanggal sangarainya maka kamu dapat memilih biji kopi yang masih fresh atau segar. Kalau kamu membeli biji kopi yang masih fresh maka kopi yang kamu buat juga akan memiliki kualitas yang tinggi.

Mencium Aroma Biji Kopi

Sebelum membeli biji kopi ada baiknya kamu juga mencium aroma biji kopi tersebut. Bila kamu sudah terbiasa meminum kopi maka kamu akan tahu mana biji kopi dengan kualitas yang baik dan mana yang kurang, biji kopi yang baik akan mempunyai aroma khas kopi. Biji kopi dengan aroma yang tebal pasti akan mempunyai kualitas yang baik juga. Bila aroma ini tidak tercium maka biji kopi tersebut memiliki kualitas yang kurang dan sebaiknya kamu hindari.

Pahami Kualitas Biji Kopi

Selain kedua hal tersebut, pemahaman tentang biji kopi yang baik juga akan memudahkan kamu dalam memilih biji kopi yang baik. Jika kamu tidak punya pemahaman yang baik kamu dapat mencari referensi terlebih dahulu baik bertanya ataupun dengan mencari tahu di internet.

Belilah Dengan Jumlah Yang Tidak Terlalu Banyak

Apabila amu menemukan biji kopi yang baru, maka lebih baik kamu tidak membelinya secara berlebihan terlebih dahulu. Lebih baik kamu membelinya dalam jumlah kecil atau secukupnya saja. Jika memang kamu cocok dengan biji kopi jenis baru tersebut maka kamu dapat membelinya dengan jumlah yang lebih banyak.

Pastikan Kadar Air Biji Kopi

Kadar air biji kopi juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum kamu membeli biji kopi. Hal ini khususnya bila kamu akan membeli dalam jumlah yang banyak. Biji kopi dengan kadar air yang besar bila disimpan dalam waktu yang cukup lama akan menurunkan kualitasnya. Oleh karena itu pastikan biji kopi yang akan kamu beli memiliki kadar air sekitar 8 sampai 10 %.

Otten Coffe, dengan kualitas dan cita rasa yang sudah terpercaya selama ini, sangat direkomendasikan kamu untuk memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *