Awal Mula Kok Dinamakan Kopi Itu Gimana Sih?


Kalau kamu bertanya dimana sih kita bisa mendapatkan mesin kopi yang aman dan berkualitas? Tentunya jawabanya mudah, di Santino dong! Tapi kalau pertanyaanya diganti, gimana sih ceritanya kok biji-bijian yang warna-warni saat di pohon itu dinamakan kopi? Mungkin itu membutuhkan jawaban yang tidak sederhana.

Kata Kopi berasal dari kata Arab yang berarti Qahwah yang berarti itu adalah kekuatan. Kata Qahwah lama lama kembali mengalami perubahan menjadi Kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian diganti lagi ke dalam bahasa Belanda menjadi Koffie dan segera masuk ke dalam bahasa Indonesia menjadi kopi yang dikenal saat ini.

Bangsa Arab itu memiliki peradaban yang lebih maju daripada Bangsa Afrika pada saat itu, pada abad ke 13 Umat Muslim paling banyak mengkonsumsi kopi sebagai penambah energi saat lagi beribadah pada malam hari. Kopi pun langsung meningkat seiring dengan  penyebaran agama Islam hingga sampai mencapai daerah lainnya Contoh: Afrika Utara, Mediterania, dan India.

Sampai saat iini belum ada budidaya tanaman kopi di daerah luar Arab karena bangsa Arab selalu mengekspor biji kopi yang tidak subur dengan cara memasak dan mengeringankkannya terlebih dahulu  

Biji Kopi Dibawa ke Eropa dan diresmikan pada tahun 1615 oleh seorang saudagar yang bernama Venesia. Ia mendapatkannya dari pasokan biji kopi dari orang Turki,jumlah biji kopnya tidak mencukupi dalam kebutuhan pasar. Oleh karena itu, bangsa Eropa mulai membudidayakannya. Bangsa Beanda merupakan salah satu negara Eropa yang berhasil memulai membudidayakannya pada tahun 1616. Dan kemudian pada tahun 1690, biji kopi itu dibawa sampai ke pulau Jawa untuk diumumkan secara besar besaran pada saat itu Indonesia itu masih merupakan negara jajahan dari negara colonial Belanda.

Sebagian orang pernah merasa jantungnya berdebar-debar setelah minum kopi. Kondisi jantung yang berdebar seringkali membuat kita khawatir. Menurut dokter ahli jantung jantung berdebar merupakan efek dari kopi yang dirasakan oleh seseorang .Jantung berdebar bisa terlihat jika dari dua kondisi irama jantungnya.

Kopi Luwak adalah sebuah seduhan kopi yang menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *