Atlet Dan kopi Itu Ibarat Sahabat Akrab

Atlet dan kopi itu ibarat sahabat akrab
Kafein, seperti yang sudah terbukti secara ilmiah, bisa berfungsi sebagai ergogenic acid. Penjelasan sederhananya, ini adalah substansi yang bisa meningkatkan kecepatan dan stamina. Makanya orang yang habis minum kopi atau mengkonsumsi kafein biasanya bisa bekerja lebih semangat.
Nah karena manfaat yang bisa diberikannya ini, para pengurus resmi Olimpiade telah membatasi penggunaan kafein sejak tahun 1984, ketika pertandingan global ini diadakan di Los Angeles. Sejak itu sampai tahun 2004, para atlet terancam bisa dikeluarkan dari kompetisi jika hasil tes urin mereka menemukan ada kandungan kafein lebih dari 12 microgram per milliliter.
Tapi karena perbedaan efek kafein pada setiap atlet tidak sama, peraturan ini pun sudah tidak dianggap seketat dulu lagi. Terutama setelah sains yang terus berevolusi menemukan bahwa kafein dan kopi sudah termasuk ‘konsumsi sehari-hari’. Ini jugalah sebabnya mengapa organisasi World Anti-Doping Agency (WADA) menyingkirkan kafein dari daftar substansi yang mereka larang meski daftar ini tetap direviu setiap tahun untuk selalu mengawasi perkembangannya.
Ada satu fakta lagi yang banyak diketahui masyarakat adalah para atlet balap sepeda di Eropa sudah biasa mengonsumsi beberapa cangkir espresso sebelum bertanding. Bahkan ada yang sampai 6 shot. Sekali lagi selama penyelenggara memperbolehkan kafein dalam dalam hal ini tentu tidak menjadi masalah.
Hanya saja yang perlu kita ingat adalah kadar aman dan ideal untuk tubuh kita dalam mengonsumsi kafein dalam kopi. Umumnya orang normal dalam kegiatan normal, 2 sampai 3 cangkir kopi cukup aman dan bermanfaat. Di atas itu, bagi tubuh yang tidak tahan akan lebih banyak merugikan daripada bermanfaat. Pasalnya orang yang terlalu banyak mengonsumsi kafein justru bisa sulit tidur, deperesi, jantung berdebar, dan kondisi spesifik yang mungkin beda-beda setiap orang.
Untuk itu, agar manfaat dari kafein ini dapat kita rasakan maksimal, sebaiknya kita mengonsumsi dalam batas wajar saja. Semua yang berlebihan tentu tidak baik bukan?
Bagi kamu yang ingin memiliki mesin kopi sendiri di rumah, kamu dapat menghubungi Santino karena Santino menyediakan berbagai mesin kopi berkualitas yang tentunya cocok buat kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *